Biaya Menikah di Bandung (& Persiapannya), Berapa Yaa ? -part 3

  Ini lanjutan yang kemarin yah.. karena kepanjangan jadi dibuatin untuk part ke 3 nya untuk persiapan cari rias, dokumentasi, souvenir & undangan, hiburan & mc. Oh ya, tulisan mengenai biaya nikah ini ditujukan untuk share apa aja komponen yang harus dipersiapkan dan ancang2 biayanya, nanti review vendor nya Insya Allah saya buatin sendiri masing2. Tapi ya, cara saya kemarin pas nikah itu, ada biayanya berapa, babu deh dibagi2 untuk tiap komponennya setelah saya survei. ^_^

 
   5. BOOKING RIAS PENGANTIN

Persiapan rias pengantin ini bisa jadi lebih gampang/mudah kalau udah ada "bayangan" pgnnya kita kayak apa:  Tradisional, muslim brides, ato biasa aja/modern style. Lihat hasil make up-annya, datang ke pameran pernikahan, lihat ke studionya mereka.  Pilih dulu tema warna wedding yang ingin dipakai apa, untuk cari warna wedding dress, ato bisa sebaliknya. Nanti kalau sudah di book, mereka akan ngasih test make up (sekalian cek ada alergi/ngga) dan biasanya ini kita manfaatkan untuk dipake foto prewedding.
Biasanya yang disediakan dari paket rias pengantin itu seperti ini (kadang ada yg suka ngasih bonus perawatan):
1. Make up + baju pengantin akad + resepsi, 
2. Make up + baju pengantin akad + resepsi, beskap orangtua mempelai (3-6 juta)
3. Make up + baju pengantin akad + resepsi, beskap orangtua mempelai, pagar ayu & bagus (7-11 juta)
4. Make up + baju pengantin akad + resepsi, beskap orangtua mempelai, pagar ayu & bagus, siraman
5. Make up + baju pengantin akad + resepsi, beskap orangtua mempelai, pagar ayu & bagus, siraman, adat
6. Yang no 5 + dokumentasi + dll
Di Bandung yang terkenal untuk paket lengkap-kap dari Rumah Pengantin Tante Misye Sasongko (jadi WO sekalian juga ada).
Biasanya kalau cari MC acara juga bisa tanya ke vendor rias/salon ini. Kalau bajunya bikin sendiri, sisanya di make up aja juga bisa. Kalau pengen wedding dressnya belum pernah dipake orang sebelumnya, namanya sewa perdana, biasanya nambah 1-1,5 juta dari paket. Rinciannya kalau dipretelin kira2 begini : 
Sewa baju+accesories 1,5-2 juta
Make up pengantin 1,5 jutaan (plus hair/jilbab do)


Untuk seragaman bisa cek di sini, kemarin saya belanja untuk keluarga inti aja. Berhubung kel saya kel besar, dari mama ada 11 orang, dari papa 7 orang, kel cami juga kel besar. Jadi daripada ntar ada yang sirik2an ngga dapet seragam, nanti tema warnanya aja saya kasih tau. Harga bahan aja kan dari 30ribu-3jutaan, tergantung jenis kain, motif, dll. Ongkos jahit itu 300-500, nambah payet bisa 200-1jutaan. Selop ya 200-500ribu. Okelah ya, ini sih tergantung tersedianya budget aja. ^_^ Nanti saya share juga untuk vendor ngejahit seragam yang kemaren dibeli.. Jadi jahitannya minggu depan soalnya.


  6. BOOKING DOKUMENTASI 

Dokumentasi mah ke temen aja... ada yang gitu? Ada :) ini sih bebas2 aja, terserah individu masing2. Tapi kalau saya pengennya dokumentasi yang bagus profesional, jadi momen yang insya Allah cuma sekali dlm idup ini bener2 terabadikan dengan apik,ciamik, waww.. Jadi temen/sodara ada yang mo nambah dokumentasi ttp ada, tapi ada yang bnr2 profesionalnya juga.
Paket dokumentasi juga beragam, mo cari dari yang 1,5 juta -11 juta juga ada, biasanya yang ngebedain nanti kita dapetnya apa aja, brp album, dll. Kalau saya ngga jadi pake paket2 yang di wedding exhibition, cuma lihat review n karyanya aja, terus cari sendiri deh vendornya. Soalnya, pas diliat kemarin di pameran, ada yang hasil fotonya bagus, tapi edit videonya ngga sreg dihati, n sebaliknya. Jadi, saya pake 2 vendor berbeda, yang khusus foto, sama satunya khusus video. Review menyusul setelah beres foto2 dong ^_^

  7. BOOKING SOUVENIR & UNDANGAN

Undangan udah di review juga di sini, soalnya udah jadi. Cari undangan n souvenir sih terakhir aja, tapi tetapkan budgetnya berapa sesuai dengan jumlah undangan. Untuk souvenir dilebihin aja. Undangan itu mau yang softcover dari 1500-5000, pe hardcover 6000 keatas lebih baik disesuaikan aja nanti, karena kadang klo ada yang over budget, dana aman yang bisa diambil paling dari pos ini (jangan pos catering!). Souvenir juga gitu. 

Kalau saya, suka sama model2 undangan sam arista, dk n co, dll, cek aja di web/fbnya. Tapi karena ngga penting banget undangan itu menurut saya (toh saya bukan anak pejabat), jadi ngga pake vendor besar. Datang aja ke daerah2 percetakan di Bandung. Sebenernya saya punya catetannya, tapi ini lagi ngga bawa, nanti tulisan2 saya di blog ini di revisi koq, tenang aja ^_^. Untuk souvenir, dari 700perak-puluhan ribu banyak macamnya.
  
  8. BOOKING HIBURAN, MC

Hiburan itu bisa musik band, tambahan penari untuk naik pelaminan, mc, badut, dll. Kalau di pameran2 besar nama band wedding yang terkenal itu wijaya music. Tapi juga, lagi2 ngga saya pakai, saya rencananya (karena hingga saat nulis ini, masih blm fix) mo pakai band yang dari mouth to mouth aja gitu, dari info temen2 yang menyelenggarakan wedding ato yang dari kenalan adik saya aja, yang dari sekolah musik. Katanya bagus ^_^
Susunannya bisa  macem2 lho, mo band yang jazzy, akustik, kecapi suling, dll. Ini bakalan lebih OK, kalau udah punya tema wedding, apakah retro, tradisional, dll. Klo mo hemat, ngga usah pake band ya puter musik aja, itu juga cukup ok. Jaga2 meski ada band, siapin juga pemutar musik/CD playernya. 
Biasanya rate nya bervariasi antara 1,5juta keatas, marawis 3,5 juta, dll. 
MC ini penting,, jangan sampe meninggalkan acara kalau blm beres. Atas info dari sobat ini lho. Jadi bikin Mou/perjanjian sama sang MC, karena ini serius kejadian ada yang ninggalin acara, ngga pamit, jadi tiba2 kan orang2 bingung yang mimpin acaranya siapa. MC bisa dari salon, dari hiburan, ato cari lepasan. 300 ribu keaatas. Harga sangat bervaariasi.

Nah, kira2 itu persiapan, untuk SATU ACARA, RESEPSI WEDDING aja, kenapa saya ngga sebut nominal? Nominal itu ngga universal, adanya berapa, yang disiapin berapa, itu yang bakal kalian habiskan sebenarnya. Toh ya, toh, kalau boleh menyebutkan angka, ketika saya diajak merrid, tabungan saya blm ada (baru juga lulus, kmren2 kerja sambil kuliah ya buat bayar kuliah), dan cami yang ada tabungan. Sisanya, we worked it out, tiba2 cami dinas ke luar negeri untuk tim robotik nya, tiba2 ada projek apa, saya naik gaji ampir 2,5x lipat(setelah lulus), cami juga naik gaji, dll. Yang pnting niatnya.niatkan menikah. Rezeki sudah ada yang mengatur asal niat dan ikhtiar kita sudah maksimal.

Uang dan materi bisa dicari, tapi kebahagiaan? Ada di dalam diri..


       Love, 


Comments

astri said…
Assalamualaikum wr.wb.
Mbak Riani, saya Astri yang sedang mencari info undangan, dokumentasi foto dan video, plus souvenir pengajian, siraman, dan resepsi yang murah nan bagus. Boleh minta referensinya? Maaf nih pertanyaannya borongan. Kindly email me to haryaniastri@gmail.com.

Terima kasih.

Wass,
Astri
Waalaikumsalam wr. wb

Hallo AStri, maaf ya saya memang blm sempet update lagi cerita2 ttg nikahannya krn langsung hamil (maklum klo bumil sering mood2an).
Ukuran murahnya segimana nih? :D

Utk info undangan yang saya pake bisa cek di komen post ini (uda ada yg tanya) : http://lunainair.blogspot.com/2012/10/our-wedding-invitation.html

Dokumentasi foto & video saya pakai dari 2 vendor yang berbeda.

Kalau souvenir, saya hunting sendiri ke daerah jalan yang deket Pasar Baru itu lho (maap lupa namanya). Sepanjang jalan itu isinya yang jual souvenir.
Unknown said…
Mbak,,
saya boleh minta data exelnya untuk vendor yg ada di bandung..
lengkap ya mba,,
email ke : nikenlukitawardhani@gmail.com
makasih..
Kartini.Nie said…
Mbak,,
saya juga boleh minta data excelnya untuk vendore yg ada di bandung ?
kalo boleh tolong kirim ke email saya juga hehehe ikutan jg pgn ancang ancang aja ...
kartini.nie@gmail.com
Thanks you ya mbak ..
HIS balai sartika memiliki konsep One Stop Wedding Service, dengan konsep One Stop Wedding Service ini lebih memudahkan kak winda kedepannya dalam pemilihan vendor, yang sudah mencakup seluruh kebutuhan kak ina dari mulai :
-Gedung
-Catering
-Dekor
-Rias busana & Make up
-Fotografi
-Entertaiment
-MC
-Upacara Adat
-Wedding car
-Wedding Organizer & Wedding Consultant

Info lebih lanjut bisa hub Zulfa 089611648377 (WA)
GIYANTI - HIS said…
Dear brides and grooms to be 
Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh
Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Grand Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

BOOKING FEE ONLY RP. 5000.000
For more info and detail call :
Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
GIYANTI : 082261170022 (WA)
INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

Popular Posts