Biaya Menikah di Bandung (& Persiapannya), Berapa Yaa ? -part 2


Dear para calon pengantin, ayo semangat! Jangan gundah, jangan risau. Nah, sekarang kita coba plan aja dulu rencana pernikahannya. ^ ^

Setelah melakukan survey, memetakan keinginan, mempelajari potensi2 (pendapatan), dan memperioritaskan kebutuhan seperti share strategi planning saya di postingan sini, maka teman-teman yang baca ini pastilah sudah memiliki keyakinan siap (yang belum, saya doakan) untuk segera melakukan persiapan selanjutnya. Nah, mulai cerita kebawah ini masuk ke pemilihan vendor dan item-item lainnya. Oh ya, kenapa koq planning n persiapan nikah saya terasa panjang dan ribet? Oh ngga koq, ngga, ini cuma karena ditumpahkan dalam bentuk tulisan aja, jadinya panjang, dan karena saya & cami yang merupakan WO (Wedding Organizer) nya sendiri, berhubung kita pengennya biaya bener2 termonitor, fleksibel, dan murah (tetepp).
  
PERSIAPAN EPISODE "ISI":


 1. To Do List, Check List, Budgeting List, Vendor List, dst

Karena saya typical "planner" girl, jadi pertama-tama yang saya buat itu list keseluruhan, gampangnya dalam satu file excel untuk beberapa sheet nya. Format nya bebas, sesuai dengan kebutuhan temen2 sendiri aja. Sebenernya mulai dari survey2 kemarin saya udah merekap nama2 vendor di Bandung dalam satu file excel, jadi tinggal nambahin sheet selanjutnya. 

Saya sendiri buat seperti ini untuk sheet2nya  :
- INFO DATA = untuk list vendor2 Bandung
- VENDOR     = untuk list vendor yang terpilih saya gunakan
- CHECK LIST = ini dalam satu sheet saya buat berdasarkan timeline & item list (untuk acuan to do list yang harus kami lakukan start dari 6 bln sebelum hari H & acuan check list berdasarkan item2nya (tempat, dekorasi, makanan, dst))
- FINANCE PLAN = tgl, kategori, deskripsi, mutasi (debit, kredit), saldo, keterangan(deskripsi). Nah ini enak banget deh kalau udah dibuat per prewedding/ wedding (kebutuhan DP vendor, pembayaran termin vendor), pre family/before family (kebutuhan rumah tangga), seserahan, dst. Gunakan fill color untuk menandai pengeluaran tiap bulan menuju hari H nya, jadi temen2 bisa tau untuk bulan ini/depan/kapan harus ada berapa n untuk bayar apa.
- POSITIONING = ini kayak buku jurnal keluar masuk dana, jadi kalau yang finance plan itu baru rencana pengeluaran aja bisa dimasukin, kalau disini bener2 posisi keuangan real, jadi dibikin rekap pendapatan & pengeluaran, dan jangan lupa di cek balance nya. Orang akuntansi & ekonomi pasti lebih jago deh bikinnya daripada saya. 
- GUEST LIST CAMI & ME= khusus list tamu calon suami & saya, ini dipisah sheetnya biar updatenya gampang. Format saya itu, no, nama lengkap, alamat, kategori (sesuai plan di post ini), metode undangan (undangan hard atau media social), estimasi tamu/keluarga yang hadir, update info datang/tidaknya. Nah itu kolom2 yang saya buat dengan maksud jadi dipaling atas bisa dicek (tinggal jumlahin aja) undangan itu kita perlu bikin jumlahnya berapa, yang diundang via fb/twit brapa, estimasi tamu/keluarganya hadir berapa, dan yang paling penting; update info bakal datang/ngga
- ETC = buat apa ajalah, macem2 

Buat yang suka pake timeline termin payment schedule (kolom yang diwarnai bulan2/minggu2 pembayarannya) boleh aja dibikin gitu daripada finance plan kayak yang saya buat. Tapi saya pribadi sukanya bentuknya begitu karena lebih mudah di modifikasi.
 
 2. URUS ADMINISTRASI KUA 

Mulai menghubungi KUA  : 
-  Infokan tanggal dan tempat pernikahan
-  Cari tau biaya administrasi yang diperlukan
-  Minta informasi penghulu dan kontaknya
-  Cari tau persyaratan apa yang harus dilengkapi
Nah kalau bagian tadi, saya dibantu oleh mama, karena harus dateng di hari kerja. Sesudahnya, sambil mempersiapkan point2 lain, cami dan saya mulai mengumpulkan persyaratan yang dibutuhkan. Kira-kira lengkapnya begini :
   a. Pasfoto berwarna  ukuran 2x3 4 lembar (siapkan utk ukuran lain juga utk jaga2)
   b. Fotokopi KTP, kartu keluarga, akte kelahiran
   c. Surat pengantar menikah dari RT & RW (dibantu urus oleh mama)
   d. Materai Rp.6000 2 buah
   e. Bawa uang administrasi (beda2 tiap kecamatan, rangenya antara 300rb-500rb an)
   f.  Surat bukti telah imunisasi dari puskesmas setempat / ditunjuk oleh KUA
 Buat target maksimal 6 minggu sblm hari H persyaratan sudah beres ya.. Jangan ragu untuk meminta tolong pihak keluarga yang bersedia membantu menguruskan. ^ ^
 3. BOOKING GEDUNG/HOTEL * (untuk yang dirumah dilewat aja)

Ini superr duper penting kalau memang ngga pilih untuk mengadakan resepsi di rumah. Apalagi kalau ternyata bulan yang direncanakan merupakan bulan2 pernikahan. Sebenarnya kalau di awal survey sudah sreg dengan pilihan gedung berdasarkan : budget, lokasi, keamanan,dan fasilitasnya, langsung aja di DP untuk book tanggal. Nah mengenai vendor gedung yang saya survey dan kumpulkan informasinya saya share di sini

Rata-rata gedung kecil itu 4 - 7 jutaan dan gedung besar kurang lebih 8 jutaan keatas. Cek fasilitas gedung apakah biayanya sudah termasuk komponen dibawah ini:
a. Biaya Keamanan (Satpam, Parkir) 
b. Biaya Kebersihan (WC, Gedung sudah bersih saat vendor dekor & catering load, dll)
c. Listrik (berapa daya maksimalnya, kelebihan daya kena charge/tidak)
d. AC / Kipas Angin (Sudah ada/tidak, penambahan brp)
e. Sound System
f. Karpet Jalan
g. Kursi Cheetos (brp yang bisa disediakan)
h. Panggung pelaminan & hiburan
i. Ruang Rias (jumlahnya dan kena charge tambahan/ tidak)
j. Ijin keramaian (kalau terletak di jalan utama)
k. Luas/Lahan Parkir
l. Lama pemakaian gedung (brp charge utk penambahan/jam)
m. Mesjid terdekat (kalau ingin akad di mesjid, kalau acara hari Jumat, dll)

Kalau perlu sewa tenda, biasanya sekitar 10rbu/meter dengan kain penutup tenda 3rbu/meter. Untuk sewa kursi cheetos (kuliah) biasanya 2ribu/kursi. Nah, jadi  bisa dimaksimalin ke yang lain kan, kalau ternyata di gedung dengan harga tsb udah mengakomodasi hal2 seperti ini. Tanya juga apakah gedung tersebut mempunyai 'rekanan' dengan catering atau bebas. Kalau ada catering rekanan, misal kita pake catering lain, akan kena biaya tambahan. Kalau udah sreg mau di gedung tersebut, ya paling, mau gimna lagi, pilihan cateringnya jadi mengerucut ke rekanannya aja.

Ngga mau ribet? Dirumah aja, tapi mnta bantuan keluarga dan mungkin tetangga ^_^. Di hotel bisa jadi alternatif, tapi sudah paket, biasanya sekitar 30-60 jutaan sudah hall/ball, dekor & catering (tapi terbatas 300 orang tamu).
  
  4. BOOKING CATERING &  DEKORASI

Ini yang urgent (tarik nafas dalam dulu). Catering itu ada yang plus dekorasi gedung, ada yang tidak. Ada yang memang bilang menyediakan paket plus dekor, tetapi ternyata itu karena sudah rekanan dengan vendor dekorasi lain (sehingga biasanya jatuhnya mahal), dan ada yang punya tim dekorasi sendiri. Partai besar/kecil ngga masalah, yang penting itu :
a. Rasa masakan 'universal', cocok dilidah
b. Konsistensi rasa baik (cek dengan test food berkali2)
c. Penyajian & presentasi rapih
d. Crew yang gesit (baik utk refill makanan, angkat piring kotor, dll)
e. Penyajian hangat (kecuali utk es/puding/dessert)
f. Kuantitas/jumlah sajian pas (ngga seiprit /seabrek)
Jangan sampai salah pilih catering,, itu banget yang ada di benak saya. Berhubung eyang saya punya catering di Semarang, yang bener2 rasanya TOP dan biasa dapet order 'besar', saya jadi agak 'ketakutan' mengenai catering ini. Apalagi budgetnya, ckk,ckk,, heuhuheu (jadi pengen nangis). Mudah-mudahan cocok.

Nah, test food itu sangat penting, karena kalian bener2 harus lihat kondisi real di lapangan. Setelah melihat paket yang ditawarkan, tanyakan mengenai porsi paket. YUP, PORSI. Begini, selain parasmanan (menu bufee) yang disajikan, biasanya ada food stall yang isinya beragam camilan/menu2 makanan ringan dan dessert stall yang isinya makanan2 penutup dan segar. Yang WAJIB kalian ketahui adalah tiap catering punya pembagian/prosentase PORSI untuk ketiga item tersebut. Jadi, misalkan kalian bilang akan memesan makanan untuk 1000 orang, itu bukan semerta-merta ketiga item tersebut akan dibuatkan masing-masing sejumlah 1000 porsi.

Biasanya prosentasi catering yang ada di Bandung itu begini :
100% buffee, 40% stall (food & dessert)
60% buffee, 40% stall (food & dessert)
70% buffee, 30% stall (food & dessert)

Jangan khawatirkan mengenai stall, makanan di food stall habis itu wajar, yang gak boleh sampe habis itu buffee. Ternyata banyak juga orang yang gak tau mengenai hal ini, jadi siasat/strategi mereka kurang tepat, selain karena tamu undangan yang membludak.
Rata-rata catering itu start paket mulai dari 20ribu-100ribu keatas. Nah, nanti paket yang ditawarkan biasanya berupa jumlah stall yang ada & variasi makanan yang membedakan harganya. Itungannya ngga memusingkan koq, tetap biaya/porsi. Jadi, misal kamu ingin undang 1000 orang, ambil paket catering 30ribu, ya tinggal di kali kan aja untuk ancang-ancang biayanya.

Well, sepertinya ini bisa panjang sharenya, mgkn saya akan share di lain post aja ya, sekalian review vendor catering yang saya pake. ^_^

       Love, 


Comments

Unknown said…
Sist, boleh minta contoh untuk check list-nya via email?
nikenlukitawardhani@gmail.com
SAMPURASUN..

Untuk akang dan teteh calon pengantin, lagi cari gedung dan paket pernikahan di Bandung?
Kini HIS Wedding Venue & Organizer BALAI SARTIKA CONVENTION HALL, telah menghadirkan konsep terbaru yaitu Gedung Full Carpet dan Lampu Kristal yang membuat suasana pernikahan semakin elegant dan exclusive.
Special Booking di Bulan Februari 2018:

BOOKING FEE ONLY Rp. 5.000.000 & HONEY MOON PACKAGE

Untuk Informasi lainnya hubungi
TIA TIARA
Whatsapp 0853-5282-8252 (fast response)
Office (022)73517149

Berikut photo dan video lainnya bisa kunjungi
WEBSITE: http://www.hiscorpvenue.com/ dan
INSTAGRAM: @his_balaisartika

Popular Posts