TANDA HAMIL KU ??


Kenapa saya memutuskan mencoba test pack? Karena selain perubahan fisik yang pas di cek koq mirip tanda hamil, ada perubahan non fisik yang kalau dipikir2..bikin saya merasa -abnormal-.


TANDA EMOSI
Sehari sebelum mencoba test pack, ketika pulang kantor waktu hujan reda. Tiba2 saya merasa ingin nangis marah kesal waktu suami tak sengaja lewatin lubang di jalanan yang tergenang air.  Maksudnya, biasanya paling saya cuma bilang "mas, hati2 dong, jangan lewat lubangnya". Tapi waktu saat itu,, "mas..ah" terus terdiam.. menahan air mata (biasa kalau sedih apa marah saya begitu...). Pas sampai dirumah.. udah deh, saya lupa.. Malam nya ketika sudah beres menyiapkan makan malam, kami nonton tv, dan lihat acara liputan SMAN 8 Bandung, sma saya dulu.. Nonton lah itu, karena lagi ngga ada acara bagus lainnya.. dan tiba2 saya sedihh banget, kangen masa SMA lagi mas..sambil nangis sesenggukan dipelukkan si suami.. Udah beres nangis, trus ngobrol2,, dan.. BECANDA2an.. sampai saya Ketawa2 geli.. udah lupa aja gitu sama apa perasaan sedih yang tadi hinggap..

Makanya sewaktu terbangun subuh, saya langsung mikir.. ini emosi roller coaster banget... something fishy weird with myself. Lalu teringatlah minggu sebelumnya saya disebut gejala typus dengan gejala2 fisik lainnya.

TANDA FISIK


1. Payudara membengkak / terasa sakit 

Ini terasa banget, seperti mau haid.. tetapi jadi lebih padat berisi.. Kadang nyerinya juga sampai kalau kesenggol sedikit udah terasa. Beberapa kali juga bagian (mmm) putingnya terasa gatal2 geli yang ngga mungkin digaruk, paling diusap2 aja.. Aerola membesar dan warnanya menggelap. Seperti mau dapet, tapi agak berlebihan aja.. segala terasa.. hehehehe

2. Rasa lelah yang berlebih / keletihan


Lelah ini ngga begitu terasa.. tapi sekarang, mulai kerasa.. jalan aja koq cape, badan terutama kaki pegel2... ahh.. tapi mungkin aja dirasa2... sehat koqq sehaaattt "\(^_ ^)/"

3. Mual /  muntah 

 Ini kerasa banget sejak dari minggu awal masuk kerja, tapi sekarang mendingan. mungkin karena punya sakit maag juga, jadi pas tubuh adaptasi lambung jadi paling yang terasa. Muntah sempet 2 kali di waktu berbeda. Tidak parah, cuma, dipikir karena maag kambuh aja, belum karena kehamilan.

4. Lebih sensitif terhadap bauan

Kata suami, saya sensitif terhadap bau2an ketika mulai muntah2.. bau bangkai  cicak yg belum tercium suami aja, udah duluan saya cium dan temukan sumbernya. bau kaus kaki dari jarak jauh..ah segala rupa bau...

5. Kembung perut/sembelit

Kasian suami sering mendapati istrinya kentut atau sendawa karena perutnya kembung :'( yang ngga banget itu, kentut yang ngga terkontrol sewaktu tidur.. heuhuehu... pas mual n sensitif bauan itu sembelit nya terasa banget.. Bukan ngga bisa BAB, tapi, "dorongan mulas" nya itu yang ilang..jadi.. udah tau bladdernya penuh, tapi ngga pengen BAB, weird.. biasanya saya tergerak oleh mulas, masuk wc, lega, skrg jadi agak harus nongkrong di wc.

6. Kerap buang air kecil  

Malam ini terbangun jam 1 pagi buat ke WC.. minum kapan. buang airnya langsung dan berkali2. Tapi sebelumnya krn udah pernah bener2 bolak2 BAK (gara2 ISK/ honeymoon cytitis) jadinya ngga terasa keseringan sih

7. Sakit kepala  

Ini.. semalam sakit kepala.. kadang sakitt bangettt, seperti terbakar di dalam kepala, mencengkram di belakang ato sakit kepala sebelah..

8. Sakit punggung  

Ini ngga terasa, mudah2an ngga sampai deh, cuma kemarin sakit sebelah kiri tiba2.. mungkin cm krn salah posisi duduk aja. Biasanya kan klo udah hamil gede baru terasa.

9. Kram  perut

Ini jelas.. seperti pas mo dapet haid.. cuma haidnya ngga dateng2 aja.. jadi sperti menunggu sesuatu yang tidak kunjung datang, tapi bahagia krn semoga saja tidak datang.. 

10. Ngidam / mudah lapar tiba-tiba


Ngidam sih belum, cuma suka tiba2 pengen sesuatu aja, krn sesuatu 'rasa kekosongan' di lidah, air liur berasa bertambah, termasuk seperti flu tapi bukan, yang jelas,, kerjaan saya kata suami itu nyemil.. krn emang suka tiba2 lapar.. pulang kerja sampai rumah, nyemil roti, smlm pas terbangun pengen pipis, kehausan, kepanasan, kelaparan juga (jadi sempet nyemil dulu twister setoples).

11. Peningkatan temperatur tubuh

Ngga punya termometer, jadi ngga tau pasti.. cm kt suami badan saya anget2 ngga sampai demam. Yang paling jelas itu. mmg hampir tiap hari akhir2 ini saya terbangun malam2 cuma karena kepanasan, pdhl suami baik2 aja. dan nanti subuh craving for blanket krn kedinginan..
 
12. Bau Badan 
 

Alhamdulillah ini ngga, krn emang dari gadis ngga BB. Paling klo kepanasan keringatan ya acem klo ngga mandi.. hahaha

13. Pusing  dan melayang (atau sampai pingsan


Palingggg terasahh.. awal2 masuk kerja selalu merasa pusing dan melayang tiap hari selama hampir seminggu, sekarang sudah ngga.. paling klo kecapean jadi sakit kepala,, tapi ngga pusing melayang lagi.. Gara2 keluhan pusing melayang mual sembelit kram sebah ini saya ke dokter dan katanya gejala typus
 
14. Munculnya darah 
 

Sampai saat ini blm ada.. cuma flek, yang tidak diketahui warnanya krn waktu itu memakai celdam berwarna coklat, huhu

15. Perubahan mood

Ini seperti cerita diatas, emosi bagaikan roller coaster,, sebentar sedihhh sebentar senangg.. 

16. Nafas cepat/pendek2

Ngga tau, mgkn nanti saya wawancara suami dulu.

17. Keputusan positif oleh alat ujian kehamilan

Ini masih harus dipastikan minimal 1 x lagi dari hasil samar kemarin, lalu bila garis ttp dua kata suami kita lanjutkan ke dokter. 


Gejala/ tanda2 tiap orang berbeda-beda.. tapi ternyata "naluri" yg menuntun kita semua lho.. Subhanallah...
 :)

Comments

dhiny said…
Hallo couple buat yang kalian yang lagi bingung cari venue dan paket pernikahan kami hadir untuk membuiat pernikahan couple menjadi lebih eksklusif dan ga repot serta nyaman, tentunya kalian udah tau kan HIS Balai Sartika Bandung dengan gedung yang sudah full carpet dan konsep One Stop Our Wedding service yang memudahkan tentunya untuk lebih detailnya kalian bisa datang langsung ke kantor kami di HIS Balai sartika Jalan suryalaya indah no 1-3 Bandung atau hubungi kami di 087804563524

Hallo Brides & Grooms to be.. Buat kalian yang sedang mencari gedung pernikahan full carpet dan nyaman, HIS Balai Sartika Convention Hall Bandung bisa jadi pilihanmu. Selain gedung pernikahan kalian juga tidak perlu repot lagi mencari wedding planner dan wedding organizer, catering, dekorasi, MC, fotografi, prosesi adat, rias busana, wedding car, musik entertainment. Tinggal pilih vendor pilihan kalian saja. Jangan lewatkan bonus menarik seperti Honeymoon 3 hari 2 malam di Bali Prime resort dan cashback 5 juta rupiah, tanpa diundi! Info lebih lanjut bisa hubungi Yesi (WA 085723503203).

Popular Posts