Shopping #2 - Our Wedding Ring



Hari ini sengaja pagi-pagi sebelum berangkat kerja kita mampir ke Toko Mas inceran buat pesen cincin. Sebelumnya kita udah survey ke toko2 dari jajaran Otto Iskandardinata (daerah Pasar Baru) sampe akhirnya ke daerah Sukajadi yang minggu lalu kita datengin buat lihat model2nya. 

Awalnya kita dateng ke Toko Mas Italy, Eropa, dan San Diamond (yang cuma beda beberapa blok), malah nemu yang sesuai ama selera di Toko Mas ABC (depan Pasar Kembang). Desainnya ok, model ukiran (suka deh), gak pasaran, dan nampak cantik di jari kami. Sayangnya, ternyata toko ini hanya menyediakan bahan silver/perak untuk selain emas. Saya dan cami sih udah sepakat klo gak akan pakai perak, selain ribet nyuci-nyuci tiap 2-3 bulan sekali, terus takut bikin gatel2/alergi. Klo doi pakai emas putih, karena kita udah sama-sama tau hukumnya gak boleh (tetep aja emas) jadi aja ga sreg klo maksain, nanti daripada ga afdol. 

Akhirnya kita jalan lagi nyari2 info toko mas yang punya alternatif lain. Nemu toko-toko yang menurut referensi modelnya terbaru (dan memang tokonya bagus) tapi malah gak sesuai ama selera. Terakhir, banyak capeng yang merekomendasikan Laris Jewellery, jadi kita coba kesana cek modelnya.


Ternyata mencari cincin itu kayak nyari jodoh..

Model terbaru dan nampak indah di rak,

Belum tentu pas di hati, pas di jari, pas di kantong.. ehehehe..



Dia menemukannya sodara-sodara, satu cincin dipojokan, gak ada pasangannya pula (bukan cincin kembar di rak). Pas saya pakai, ya ampun, bagus banget di jari. Memang sih, bukan model vintage ukir2an kayak yang saya idam2kan, tapi pas dipakai ini tu tetep aja 'gue' banget gitu (nyengir *wink). Desainnya tetep klasik (yeah I'm so classic woman -terserahlah- hihihi *happy) dan sederhana, tapi ngga saya temukan lho di toko2 mas sebelumnya ato di model2 cincin via internet (*joget2). Bravo buat calon suami saya yang udah tau selera saya, hehehe. Kan saya minta nya dipilihin modelnya (kedipkedip genit).

Bahan cowonya dari alloy disana bisa, memang gak kayak silver yang bisa dijual lagi, tapi ya masa cincin kawin mo dijual. Udah gitu kita tanya deh perkiraan harganya untuk pesen ukuran, dll. Jeng jeng.. langsung deh kita pulang (memantapkan hati dan diskusi dulu). Tapi y Allah, memang klo ketemu jodoh itu ya jodoh aja, jadi aja kita balik lagi (kayak saya ama si mas, hahaha, udah putus-nyambung lagi).

Hari ini cincinnya udah di pesen, udah di DP, cami saya bilang, yang punya saya dipakein mata, cuma yang dia gak mau, krn pgn simple dan klo cowo ada batunya kesannya aneh gimana. Bentuk cincinnya itu lapisan doff dibentuk panah bagian kiri kanan mata. Matanya juga gak dibikin menonjol, tapi kayak dijepit gitu. Semoga aja hasilnya sememuaskan desainnya yaa, Aamiiin.

 (Kira-kira bentuk cincinnya yang mirip2 via search di google)

Kata kang Edi (abang yang nanganin kita di toko), berliannya udah dikasih yang bagus -Eropah- simpanan yang masih ada (saya pecaya aja, krn gak ngikutin perhias2an, pake perhiasan aja ngga -hihi-) dengan harga yang dulu, soalnya sekarang aja menuju abis Lebaran banderol harganya uda dibikin naik. Finishingnya juga dikasih yang halus dengan ongkos yang dya kasih. Bisa aja kita milih ukuran berlian yang lbh besar dgn harga segitu, tapi kualitas berliannya yang lbh rendah. Bisa juga ongkos buat lebih murah, tapi kualitas pembuatan dari patri/tukangnya jadi berkurang karena tekniknya/orgnya beda. Ah saya percaya aja, yang penting intinya, yang penting saya sama mas ridho sama cincinnya, harganya, modelnya. Lagipula saya sebenernya gak suka mata cincin segede gambreng trus desain kayak menonjol, jari saya kan imut, hehe, jadi ya yang proporsional aja.

Yang menentukan harga cincin :
1. Harga bahan emas/alloy saat itu (berdasarkan karat, ukuran)
2. Harga batu berlian/swarovsky (berdasarkan kualitas, ukuran)
3. Ongkos pembuatan

Untuk emas saat ini di IDR 450an/gram, alloy IDR 350an/gram, batu berlian 0,05 IDR 1jtan, ongkos pembuatan (variatif tiap toko) IDR 300-600ribu tergantung kerumitan, dan teknik/kualitas pengrajinnya untuk menghasilkan karya minim cela (ceilee bahasanya...).

Buat yang penasaran, ini tampilan box eksklusif dari Laris (copy blog sebelah) :

(tampilan box luar)

(tampilan box dalam)

Habis DP 20% dari harga yaitu kira-kira 1jt. Langsung diminta data-data kita untuk nama, lokasi, dan waktu pernikahan untuk dibikin box eksklusifnya. Kita juga baru tau, sebenernya klo mo ngiket harga emas nya dulu (misalkan pas kita cek harga mas lagi turun) itu bisa, tanpa DP cincin dan pilih model. Tapi kita kan udah fix modelnya, cami akyuh juga pengen kita fokus ke yang lain jadi tadi langsung di pesen. Terus kang Edi bilang, nanti grafir bisa ditunggu sehabis cincinnya jadi dan dicek dulu ok/ngganya. Layanan purna/aftersales nya juga oke kata saya, misal nanti mo diperbesar (andaikan jadi nambah gemuk), ganti model, poles ulang dll. Jadinya cincin pesanan saya 3 minggu, dijanjikan tanggal 30 bulan ini. Gak sabaaaarrrrrr,, hehehe..


=================================
Klo mo nyari cincin, saya saranin cari dulu dari yang kira-kira daerah banyak toko masnya, trus jalan deh puterin situ untuk liat model2nya. Ini list yang saya bikin dari hasil survey rekomend para capeng untuk toko mas cincin wedding yang reviewnya oke2, ntah modelnya baru, harga lebih murah, atau aftersales memuaskan. Semoga bermanfaat ^_^

1. Toko Mas Italy
    Jl. Otto Iskandardinata

2. Toko Mas San Diamond
    Jl. Otto Iskandardinata

3. Toko Mas Enam
    Jl. Otto Iskandardinata

4. Toko Mas Lo Khiong
    Jl. Istana Anyar

5. Toko Mas Laris Jewellery
    Jl. Sukajadi

6. Toko Mas Buana
    Jl. Kosambi



       Love,



Comments

salam kenal mba, saya nelly, saya lagi cari cincin pernikahan, n ngeliat reviewnya mba ttg wedding ring sya seneng skali,,
selain qt ad d daerah yg sm, n cami sy jg pngnny bkn bhn emas, krna sm sprt yg qt tau pria muslim gblh pke emas,,,
nah ada bbrp pertanyaan mba, kmrn sy smpt ke laris juga, maaf klo mba pesen d larisnya couple? apa untuk lakinya ajh?
terus untuk desainnya qt bwa dr rmh ato ad dsain dr sn?
mksh ya mba sblmnya, dantos infonya
salam kenal juga mba Nelly :D

saya di Laris waktu itu ngga nemu yang sreg dibagian couple ring, malah nemu di cincin satu-an *untuk cewe* di pojokan.

Nah, terus saya minta dibuatin utk versi cowonya dengan model yang sama, dari bahan alloy.

Karena waktu itu cincinnya yang saya keceng pun ngga muat dijari aka kegedean, maka saya juga pesen yang sesuai ukuran, ditambah berlian asli. (Aslinya cincin model itu batu nya bukan berlian klo g salah. Jadi intinya sih kami niru model dan nambahin sedikit revisi.

Klo mba nelly punya desain sendiri boleh aja koq datang kesana n tunjukin model yang dipengen. Kekurangannya ya pasti butuh waktu untuk pembuatan, jadi jangan mepet2 ya ^_^ biar klo ada cacat/kekurangan stlh jadipun bisa direvisi juga.

Popular Posts