Emas Haram Untuk Mas-Mas (Pria), Kenapa Ya?


Saya bertanya-tanya, kenapa pria diharamkan oleh Rasululllah mengenakan emas. Karena segala sesuatu itu pasti ada alasannya, dan kita hanya belum tahu apa. Seperti cara yang diajarkan Rasul bila makanan/minuman kita dihinggapi lalat, maka boleh dimakan apabila lalat tersebut dimasukan/dicampurkan ke air yang dihinggapi tadi. Otak saya bertanya, kenapaa??? Lalat kan itu jorok sodara-sodara.. Subhannallah, baru diketahui sekarang bahwa pada bagian tubuh lalat tertentu (sayapnya) menyimpan serum/gen anti bakteri yang menetralkan racun/bahaya bakteri tersebut. Artikel selengkapnya (kalo penasaran) bisa dibaca di sini.

(Emas putih merupakan campuran bahan emas dengan logam lain, tetap ada emasnya lho)

Nah, sekarang mengenai cincin emas... Mengapaa? Oh kenapaa?
Ternyata, sangat menarik..semua ajaran Rosulullah sholallohu ‘alaihi wasallam adalah semerta-merta untuk kebaikan umatnya.. Allahu Akbar.. telah ditemukan jawabannya oleh ahli Fisika.


Perlu diketahui hukum logam mulia (emas) yakni,
“Dari Abu Musa, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para pria’.” (HR. An Nasai no. 5148 dan Ahmad 4/392. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Syaikh Dr. Shalih Al Fauzan berkata, “Lelaki diharamkan memakai cincin emas. Sedangkan cincin perak, atau logam semacamnya, walaupun sama-sama logam mulia, hukumnya boleh memakainya karena yang diharamkan adalah emas. Dan tidak boleh pula memakai cincin dari campuran emas, tidak boleh memakai kacamata, pena, jam tangan yang ada campuran emas-nya. Intinya, lelaki tidak diperbolehkan berhias dengan emas secara mutlak.” (Muntaqa Fatawa Al Fauzan, jilid 5 fatwa no.450)

Yang jadi rujukan adalah hadits dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menulis atau ingin menulis. Ada yang mengatakan padanya, mereka tidak membaca kitab kecuali dicap. Kemudian beliau mengambil cincin dari perak yang terukir nama ‘Muhammad Rasulullah’. Seakan-akan saya melihat putihnya tangan beliau.” (HR. Bukhari no. 65 dan Muslim no. 2092).

Dalam Al Muntaqa Syarh Muwatha’ (2: 90), disebutkan bahwa perak bagi pria dibolehkan dalam tiga penggunaan, yaitu pedang, cincin dan mushaf. Sedangkan untuk logam lainnya, tidaklah masalah bagi pria.

Emas putih adalah emas kuning (Aurum) yang dicampur dengan unsur-unsur logam putih, seperti nikel, palladium sehingga merubah warna aslinya dari kuning menjadi putih maka hukum mengenakan ‘emas putih’ ini bagi seorang laki-laki adalah haram dikarenakan penyepuhan tersebut tidaklah menghilangkan zat aslinya yaitu emas kuning (Aurum), sebagaimana hadits Rasulullah,

”Barangsiapa dari umatku mengenakan emas kemudian dia mati masih dalam keadaan mengenakannya maka Allah mengharamkan baginya emas di surga. Dan barangsiapa dari umatku yang mengenakan sutera kemudian dia mati masih dalam keadaan mengenakannya maka Allah mengharamkan baginya sutera di surga.” (HR. Ahmad)

Jadi emas warna apa pun, baik putih, merah atau yang lainnya selama ia hanyalah sepuhan yang dilakukan pada emas kuning maka hukumnya haram bagi laki-laki untuk dikenakan.

Apabila emas putih yang dimaksudkan adalah platina maka ia tidaklah termasuk dalam golongan emas (Aurum). Ia memang termasuk kategori logam yang mahal bahkan ada yang mengatakan bahwa harganya 4 – 5 kali lebih mahal daripada emas. Dengan demikian diperbolehkan bagi kaum pria untuk mengenakannya dikarenakan tidak ada dalil-dalil syariat yang menunjukkan pengharamannya terhadap laki-laki.

Ternyata …

Para ahli fisika telah menyimpulkan bahwa atom emas mampu menembus ke dalam kulit dan masuk ke dalam darah manusia, dan jika kita (para pria) mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan yaitu di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam prosentase yang melebihi batas (peristiwa ini juga dikenal dengan sebutan “migrasi emas”).

Dan apabila hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan penyakit Zheimer, Zheimer adalah suatu penyakit di mana orang tersebut kehilangan semua kemampuan mental & fisik serta menyebabkan kembali seperti anak kecil. Zheimer bukan penuaan normal, tetapi merupakan penuaan paksaan atau terpaksa.

Dan mengapa islam membolehkan wanita untuk mengenakan emas?
Karena perlu dicatat bahwa wanita tidak menderita masalah ini karena setiap bulan, partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh wanita melalui haid (datang bulan).

Wallahul Musta’an

Artikel ini saya dapat dari sini. Subhanallah banget ya, untung banget tadi kita beneran gak memaksakan pakai emas.. 

Abadikan ilmu dengan menuliskannya, menyebarkannya..


       Love, 


Comments

Popular Posts