Shopping #1 : Rencana Belanja Keperluan Bayi


Nah, sekarang saya mau post tentang belanja keperluan bayii,, *jreng-jreng*. Tapi sebelumnya narsis penampakan dulu ah, buat yang penasaran bentuk si mini ini menjadi bulat padat. Hehehe

Bawah mata item ( Hb cm 9)

Pipi tembem dan cubbydut

Penampakan perut yang sering dibilang lucu kyk hamil pake sumpelan (boong2an

Belanja keperluan bayi ini tricky & complicated bgt loh. Terutama buat calon mamak baru semacam saya ini, printilan pretelannya banyak yang ngga tau, tau bentuk ngga tau nama, ada nama ngga kebayang bentuknya. Jadi saya spent time sebelum 7 bulan itu untuk cari tahu, riset, dan survey online. Banyak forum, banyak yang share, banyak juga bikin pusingnya, hehe.. Intinya sih, tiap kebutuhan yang mau dibeli itu jangan asal adopt dari orang lain, tapi sesuaikan juga, karenaaa.. planning dan pendapat orang kan beda2 (termasuk budget yang berbeda).

OK, pertama2 deskripsikan kebutuhan, situasi keadaan dan rencana kami begini :


1. Saya dapat jatah cuti kantor 3 bulan, setelahnya langsung lanjut kerja lagi. Tapi saya mau anak ttp ASI. Jadi saya harus investasi peralatan yang mendukung pemberian ASI & ASIP (ASI Perahan) dan melakukan hospital tour yang mendukung IMD & pemberian ASI. Cek fasilitas rawat gabung, juga cek biayanya.hehehe... Supaya baby ngga bingung puting nanti pas dikasih ASIP, saya akan menghindari pemberian ASIP di botol dot selama 3 bulan pertama, coba dulu pipet, ato disendokin, yang lain dulu deh selain botol. Pemberian ASIP mulai dilatih dari baby masuk ke usia 2 bulan lebih, biar ngga kaget, dan ngga sama bundanya (ayah ato eyang putrinya ato tantenya).

2. Rumah yang dihunting masih dalam pengerjaan tahap I dari developer, kemungkinan beres tahun depan, artinya pas baby saya nanti usia 3 bulan keatas. Kontrakan abis September ini (pas banget HPL). Jadi sampai baby agak gedean dan bisa punya rumah sendiri segera, soon, (Aamiin), kami mengungsi kembali ke rumah orangtua. Lebih hemat untuk biaya kontrakan nol, tetapi kami akan memanggil yang bisa bantu2 harian (part time) untuk membantu orangtua di rumah.  Lagian kasian baby klo masih dibawah 6 bulan terus harus tiap hari kerja kena angin malam anter jemput bolak balik dititip ke ortu.

3. Kasur kami uk queen, kalau co-sleeping, ayahnya harus mengungsi (bhihihi), klo ngga kami takut babynya kegencet. Kemungkinan bakal ttp beli box baby (anak pertama dan cucu pertama ini), yang kira2 nanti bisa dimodif kalau udah ngga dipakai lagi. Misal ngga ada dananya, baru terpaksa ayahnya yang mengalah yaa..

4. Newborn baby (NB) cepet tumbuhnya, jenis kelamin baby kami pun belum pasti, jadi kami ngga beli banyak baju sampai nanti kecuali baby udah lahir (palagi baju2 fashion). Jumpsuit yang lucu2 itu bentuknya kaos, malah kyknya saya masih takut pakein baju begitu klo masih NB. Jadi kami pilih baju2 berkancing/bertali (model kimono). Oh ya, ukuran NB juga beda2, bisa jadi S/M/L tergantung baby pas lahir besar/kecil. Jadi kami rencana membeli di jumlah yang sekiranya cukup. Lagi pula bayi baru lahir masa mo diajak jalan2, jadi baju jalannya cukup 1-2 biji (paling buat vaksin ato jalannya kontrol ke dokter kan).

5. Kami mendukung penggunaan popok kain, kasihan kalau masih kecil pakai pampers. Tapi kasihan juga yang nyucinya kalau babynya ternyata gemar ngompol (yang namanya wajar). Jadi kami berencana stok beberapa popok kain, cloth diaper, dan prefold (flat diaper).

6. Gurita, bedong, bantal bayi, sarung tangan & kaki, menurut penelitian termasa kini malah tidak dianjurkan karena menghambat perkembangan motorik baby. Tapi demi menghormati kebiasaan dan orang tua, kami akan membeli sedikit gurita (velcro/perepet) yang ngga bakal dipasang ketat, dan rencananya hanya akan dipakai sampai dengan tali puser pupus. Bedong yang mungkin akan dipasang malam hari kalau kiranya udara lagi dingin (setelahnya alih fungsi jadi alas ompol/perlak aja). Sarung tangan & kaki (malam hari/traveling) pas sekiranya kukunya sedang panjang. Jumlahnya pun sedikit2 aja.

7. Ngga bakal beli bedak tabur, belinya bedak liquid. Krn ternyata penggunaan bedak tabur meningkatkan kemungkinan reaksi alergi pada bayi (terhirup), atau paparanny pd sekitar alat kelamin bisa meningkatkan kemungkinan terkena kanker di kemudian hari. Wiii, seyemm...



Nah, ini saya share item2 yang akan dibeli oleh kami. Kalau mengenai jumlahnya dan keterangan buat apa2nya akan saya update di lain post yaa, silahkan monggo listnya boleh di copy langsung.^_^



Comments

Popular Posts