Shopping #7 - Seserahan


Seserahan.. suatu tradisi adat di Indonesia terutama untuk orang Jawa. Katanya sih ada 'maksudnya', meski secara Islam sih yang diakui sebagai kewajiban pemberian calon mempelai pria ke wanita itu berupa MAHAR alias Mas Kawin..( "Hayuk", langsung dijawab sama mas saya tiap pake istilah itu o_0" )

Dalam adat Jawa seserahan disebut sebagai peningset dari arti kata singset yang artinya mengikat. Oleh karena itu biasanya dibawa ketika keluarga calon pria datang "meminta" calon wanita kepada orangtuanya (khitbah/lamaran). Mungkin kalau seserahannya diterima berarti pinangan diterima, gitu kali ya.. hahaha... Selain itu ada yang bilang tradisi ini adalah sebagai simbol tanggung jawab mempelai pria yang akan meminang pihak wanita. Jadi seserahan itu sebagai simbol kesanggupan ato tanda bahwa sang pria sudah cukup mapan dalam menjalani rumah tangga..



Well, saya ngga terlalu ambil pusing soal seserahan ini. Tapi menurut saya sih, belanja seserahan itu dimaksudkan agar pihak pria mengetahui hal-hal mengenai wanita tersebut. Pria kan kebanyakan praktis, ngga ribet, beda dengan wanita, dari ujung kaki pe ujung rambut, kayaknya diperhatiiiin banget sama sesamanya ato lawan jenis (makanya wanita sering disebut perhiasan dunia, dijaga, jangan diobral ya..). Makanya barang2 seserahan biasanya yang diberikan untuk wanita merupakan satu rangkaian set yang dipakai dari atas pe bawah.

Biasanya, untuk orang Jawa, seserahan itu dilakukan pada malam midodaren, yaitu saat malam sebelum dilakukannya akad pernikahan. Biasanya seserahan itu berupa :
  • Alat sholat
  • Satu set cincin nikah bulat tanpa putus yang melambangkan cinta pengantin ini akan abadi hingga akhir hayat
  • Seperangkat perhiasan emas/intan/berlian yang bermakna agar pengantin wanita selalu bersinar dan tak mengecewakan keluarga barunya (oh really? jadi semakin berkilau semakin tidak mengecewakan? lucu juga perumpamaannya orang jaman dulu...ada2 aja)
  • Seperangkat busana putri (termasuk bahan kebaya dan jarit) yang bermakna agar setiap pihak harus pintar menyimpan rahasia bersama dari pihak luar/lain
  • Buah-buahan khususnya pisang agar cinta kasih pengantin akan dapat bermakna untuk pihak sekitarnya
  • Makanan tradisional, seperti jenang, beras ketan, dll yang bermakna agar cinta kasih pengantin akan tetap lengket sepanjang masa
  • Sirih set/ Suruh Ayu yang dimaksudkan untuk mendoakan kebahagiaan dan keselamatan pengantin
(sumber)


Itu kira2 dari informasi yang saya dapat, masih banyak ragamnya sih, tapi ya.. baca itu aja udah aneh buat saya..hahaha... Andai bisa milih, saya milih dikasi seserahan anak kucing persia gitu, sama buku, sama galnote 2 ato ativ. Hahaha~ T_T" just kidding, mas saya yg lagi semangat nyari seserahan (sambil dirinya belanja beberapa yg urgent macam sepatu, cln bahan, dll).

Nahhh, kalau seserahan saya sendiri dari list cami itu ini :
  1. Mukena + Sajadah    
  2. Handuk rambut + Handuk Kimono 
  3. Blouse + Blazer + Bawahan
  4. Underwear + Piyama
  5. Jam Tangan/Dompet
  6. Brokat + Batik
  7. Tas + Sepatu
  8. Perawatan Mandi (Parfum + Body Lotion + Shower Gel + Body Scrub)
  9. Make Up (Lip Tint, Pallete)+ Daily Care Treatment
  10. Songket + Kain Dalaman Kebaya (ini mlh dikasi tante saya buat nambah seserahan, aneh juga ya.. tpi ngga nolak sih, namanya juga dikasih... makaci tann ^_^ )

    Masi ada yg belom, sedangkan waktu mepet..hiks, sebenarnya saya sudah tak betenaga lagi. Kalo dulu saya yang larinya kenceng, c mas yang masi pemanasan, ibaratnya sekarang terbalik, saya yang lemas2, dia yang menyeret2 saya..hahaha... Ya sutra, kalau gak kesempetan nanti aja abis merid ditambah lagi seserahan dia untuk saya.. termasuk menyerahkan jiwa raganya.. bhihihi, apaa cobak..

   Mukena dan sejadah saya dapat di Pasar Baru. Mukena dari sutra dove apalah namanya, yg penting sih bahannya enak menurut saya dan cami setuju. Mukena bahannya beragam lho, ada katun jepang, katun asli, sutra, paris, semi sutra, rosella, dll. Sempat bingung pas ditanya "cari yang bahannya apa?". Saya post di lain kesempatan deh untuk perawatan bahan mukena nya ^_~". Saya beli dengan harga sekitar 280ribuan (sudah plus tas & sajadah bawaan yang tipis), sedangkan sejadah itu beragam, bukan cuma dari bahan, tapi motif. Kalau motif baru harganya bisa sampai 110ribu, tapi saya motif lama aja deh, yg penting bukan motifnya, tapi fungsinya dan digunakannya kan, hehe, jadi 70-80ribu (yang model agak tebal). Ada yang menawarkan jasa hias plus kotaknya, tapi daripada belang bentong sama benda yang lain, jadi diputuskan tidak kami ambil.    

   Handuk panjang (utk rambut) dan kimono terry palmer dapet di carrefour (sebenernya di pasbar juga ada). Ukuran kimononya standar L, jadi kalo dipakai saya, mirip orang2an sawah (kata si cami). Bagus katanya biar bisa ketawa klo lihat saya abis mandi. T_T" Ah sebel, saya mo cari handuk biasa aja, atau handuk rok yang harganya setengah harga kimono tapi katanya ngga usah, biar aman kalau pergi2an. Kebiasaan saya ngga suka ganti baju di kamar mandi krn repot ngeringin badan.

   Blazer dan dress sudah dapat yang dari post lalu, waktu sebelum lebaran diskonan di Matahari. Lumayan dong..hahaha.. 50%-70% diskonnya. Celana bahan sih dapet di Pas Bar juga, berhubung ukuran saya susah, pasti hrs dikecilin lagi jadi ngga usah yg bagus2 amat. Dipilihin tas juga, cuma masi penasaran cari dulu yg lain, soalnya warnanya pgn yang lain.. ( pdhl tadinya mo apa2 aja dulu seadanya :P )

    Untuk balasan seserahan dari saya udah ada baju koko, kemeja, sarung, handuk, belum ada sejadah, dll. Nanti kalau belanja yg lain lagi baru kami sama2 lengkapi (ujungnya belanja bareng, kkkk).Cuma saya tu pengeeeeen banget ngehias kotak seserahannya sendiri.. Tapi dilarang cami, ktnya ngga usah ribet, waktunya kapan, ngga boleh lembur, istirahat aja..hiks..ya udahlah liat nanti aja...

update : foto2 seserahan saya ada di post ini






Comments

Popular Posts